Jumat, 19 Oktober 2012

LINGKUNGAN - TANAMAN OBAT/LALAPAN --> Poh pohan

TANAMAN OBAT/LALAPAN 

Poh-pohan (Pilea trinervia)

Tanaman berbunga kuning cantik ini selain kaya antioksidan, juga memiliki kalsium tinggi, fosfor, besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1.

Daun pohpohan (Pilea Trinervia Wight.) sering dikonsumsi masyarakat sebagai lalapan, dalam penelitian ini ditelaah kandugan kimianya. Hasil pemeriksaan kandungan kimia simplisia menunjukkan adanya golongan senyawa steroid/triterpenoid, alkaloid dan flavonoid. Serbuk simplisia diekstraksi secara maserasi berturut-turut menggunakan n-heksana, etil asetat dan etanol. Ekstrak etil asetat difraksinasi secara kromatografi cair vakum dan kromatografi kolom klasik dengan sistem elusi landaian,. Isolat dimurnikan secara kromatografi lapis tipis preparatif dan dikarakterisasi menggunakan penampak bercak spesifik, spektrofotometri ultraviolet-sinar tampak, dan spektrofotometri inframerah. Isolat merupakan senyawa alkaloid yang mempunyai gugus >NH, -CH3, -CH2, >C=O, >C=C< dan memiliki ikatan rangkap terkonjugasi. (  sumber Sekolah Farmasi ITB http://bahan-alam.fa.itb.ac.id)

Menurut Bradley Bolling, PD, peneliti dari Tufts University Boston Amerika Serikat, antioksidan bisa mengurangi akumulasi produk radikal bebas, menetralisir racun dalam tubuh, mencegah inflamasi atau peradangan dan melindungi dari penyakit genetik.


Di wilayah Bogor tanaman ini sudah dijadikan makanan berupa keripik poh-pohan


2 komentar:

  1. bagai cara menanamnya, apakah di jakarta bisa tunbuh dgn baik

    BalasHapus
  2. Umumnya tanaman ini tumbuh di daerah pegunungan dipinggir kali kecil yang memiliki kelembaban tinggi.
    Di Jakarta untuk skala kecil mungkin bisa dicoba, asal tanaman tersebut masih memiliki akar dan masih hijau serta kelembabannya harus terus dijaga.

    Salam joelee

    BalasHapus