Rabu, 24 Oktober 2012

LINGKUNGAN - TANAMAN OBAT ==> Takokak


 Takokak sebagai tanaman obat


Takokak atau terung pipit (Solanum torvum ) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu. 
Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Batak Toba, Minangkabau) dan tekokak

Tumbuhan ini diduga berasal dari Amerika Serikat tropis dan Hindia Barat namun sudah dikenal lama oleh masyarakat Indian mulai dari Meksiko sampai Brasil. Tumbuhan ini sekarang sudah menyebar di seluruh daerah tropis di dunia. Untuk tumbuh, ia memerlukan curah hujan minimal 1000 mm per tahun dan mampu bertahan hidup hingga ketinggian 2000 m.
Pohon kecil tahunan dan dapat mencapai tiga meter tingginya atau kadang-kadang lebih. Batangnya berambut dan berduri. Daunnya bercangap dan permukaannya ditutupi rambut tipis yang agak rapat. Mahkota bunganya berwarna putih, berjumlah lima. Kepala sari besar dan tegak, menutupi putiknya. Buah mudanya berwarna hijau, yang setelah masak menjadi kuning, dengan diameter rata-rata satu cm.
Takokak tumbuh di kebun atau di halaman pada tanah yang tidak terlalu berair dan cukup sinar matahari.
 
Buah, bunga, dan daun takokak mengandung saponin dan flavonoid. Bunga dan daun mengandung alkoloid dan tanin. Akar mengandung zat jurubine. Daun mengandung neo-chlorogenin, panicolugenin. Buah kering mengandung solasonin 0,1 %. Sementara buah mentah mengandung chlorogenin, sisalagenon, torvogenin, dan vitamin A.


Buah takokak muda dimakan untuk lalapan atau diolah dengan cara dimasak/disayur.
Pohon takokak dikenal tahan penyakit yang menyerang batang dan biasa dijadikan batang bawah untuk terung.
Buahnya bisa dimakan, baik yang muda maupun yang tua. Orang mandailing / tapanuli biasanya menggunakan rimbang sebagai campuran sayur daun ubi tumbuk (daun singkong tumbuk), penggunaan buah takokak umum di dalam masakan Sunda, dan diperlakukan seperti ranti (leunca), yaitu dijadikan lalap atau dimasak sayur.


-  Buah dimakan mentah atau direbus terlebih dahulu,  biasanya      dimakan bersama sambal.
-  Buah ditumis sebanyak 200 g dengan campuran tauco dan cabai.
-  Buah takokak sebanyak 200 g dimasak sebagai sayur santan dengan campuran daun singkong.

Untuk obat penurun tekanan darah tinggi, ambil sekitar 40 g buah segar, cuci bersih, lalu makan sebagai lalap.

Obat alami lemah jantung, caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah takokak dengan cara dimakan biasa sebagai lalapan mentah saat makan nasi 1-2 kali sehari.

(Dari berbagai sumber)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar