Kamis, 18 Oktober 2012

LINGKUNGAN - OBAT TRADISIONAL --> Paku Ekor Kuda


 TUMBUHAN SEBAGAI TANAMAN OBAT

Paku ekor kuda (Equisetum debile Woll.)

Tumbuhan ini termasuk paku-pakuan , hidup di tanah yang lembab  seringkali tumbuh bersama lumut. Batangnya selalu hijau dengan percabangan yang tidak beraturan , berbuku-buku dan selalu tampak basah sesuai dengan tempat tumbuhnya, mudah dikenal dari sporangianya  yang tumbuh tegak di ujung cabangnya seperti karangan bunga dan bentuknya menyisik.

Penyebaran :
Umumnya ditemukan pada ketinggian diatas 1600 m dpl, pada type Hutan Hujan Tropis

Manfaat :
Seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dipakai mengobati  penyakit nyeri sendi tulang/sakit otot, untuk obat gosok pada anak-anak,  dapat dipakai untuk astringen, mencegah pendarahan, karena tumbuhan ini mengandung silika yang cukup tinggi, maka banyak juga dipakai  untuk alat pembersih pisau, garpu dan sendok.

Cara penggunaan :
Untuk nyeri sendi tulang atau pencegah pendarahan , cukup dengan merebus tanaman yang telah dibersihkan lalu diminum setiap pagi dan sore. Untuk obat gosok, dengan cara menumbuknya sampai halus dan balurkan pada seluruh badan. Jika dipakai untuk astringen hasil tumbukan yang halus tadi  diperas airnya  dan oleskan pada muka. Untuk pembersih alat rumah tangga  agar lebih mengkilap terutama untuk bahan yang terbuat dari alumunium cukup dengan menggosokkannya tumbuhan ini seperti amplas.

Kandungan kimia :
Asam kersik, asam oksalat, asam malat, asam akonitat, kalium, natrium, saponin, asam tnat dan silika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar